Senin, 08 Juli 2013

To Love Than To Be Loved

Dalam doa Santo Fransiskus dari Asisi terdapat kalimat "to love than to be loved".. atau lebih baik mencintai daripada dicintai. Sebagai manusia, cinta adalah sebuah kebutuhan. Cinta tidak selalu dihubungkan dengan cinta dengan lawan jenis, cinta dapat lebih luas artinya. Cinta kepada sesama dan lingkungan,cinta kepada orang tua, anak, keluarga dll . Santo  Fransiskus dari Asisi pun dekat dengan lingkungan, bahkan hewan2 di hutan dapat berbicara dengannya, Wow luar biasa makna cinta ini :) bahkan hewan pun dapat merasakan cinta yang disampaikan oleh Santo Fransiskus.

Kali ini aku bukan ingin berbicara mengenai cinta lingkungan hidup ataupun hewan :) Aku ingin berbicara mengenai bagaimana kita mencintai diri kita sendiri, bahagia dengan diri kita, bahagia dengan  hidup kita, sehingga bisa memancarkan energi positif bagi lingkungan kita.

Aku belajar bahwa ternyata mencintai itu tidak mudah.. Saat kita merasa kita sudah berusaha berbuat dan memberikan yang terbaik, ternyata tidak pernah cukup untuk orang yang kita cintai. Aku belajar bahwa sebelum kita mencintai orang lain pertama2 kita harus bisa belajar mencintai diri kita sendiri dahulu, bukan maksudnya cinta diri sendiri dalam artian egois, melainkan kita bahagia, menerima, mensyukuri, mengasihi hidup dan diri kita adanya sesuai yang sudah Tuhan anugerahkan.

Aku belajar bahwa ketika kita bahagia dengan diri kita, bahagia menjalani hari2, bahagia atas apa yang sudah Tuhan anugerahkan dalam kita, orang2 yang kita kasihi pun merasakan bahagia. Kita perlu menjadi pribadi yang utuh, menjadi gelas yang penuh untuk dapat mengisi tangki cinta orang yang kita kasihi dengan kepenuhan kita, jika tidak malah akan saling mengeringkan satu sama lain.

Janganlah dulu berfokus bagaimana kita mencintai orang lain sebelum kita dapat mencintai diri kita sendiri. Seorang yang terluka hatinya, insecure terhadap dirinya sendiri tidak akan pernah dapat mencintai dengan penuh karena dia mengisi dari kekosongannya. Kita perlu menjadi penuh dahulu baru kita dapat mengisi tangki cinta orang lain :)

Jadilah ibu yang bahagia bagi anak2 kita
Jadilah istri yang bahagia bagi suami kita
Jadilah anak yang bahagia bagi orang tua kita


Selamat berbahagia :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar